28°C Banda Aceh
December 18, 2023
Alasan GOTO di Balik Kesepakatan dengan TikTok
Bisnis Pemasaran

Alasan GOTO di Balik Kesepakatan dengan TikTok

Dec 18, 2023

Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) membeberkan sejumlah alasan kesepakatan besarnya dengan TikTok. Platform entertainment TikTok akan menjadi pengendali Tokopedia, setelah berkomitmen investasi jangka panjang senilai lebih dari US$ 1,5 miliar atau Rp 23,38 triliun (kurs Rp 15.585).

Mengutip keterbukaan informasi, GOTO mengatakan rencana investasi tersebut akan menguntungkan Tokopedia. Sebab, platform e-commerce tersebut akan mendapatkan akses secara langsung atas kesempatan live commerce yang sedang bertumbuh dengan pesat.

“Melalui kerjasama, Tokopedia dan TikTok akan membangun kombinasi bisnis sebagai pemimpin e-commerce, melanjutkan misi pengutamaan mata pencaharian untuk ratusan ribu pelaku UMKM di negara ini,” ujar Sekretaris Perusahaan GOTO R A Koesoemohadiani dalam keterbukaan informasi yang dikutip Kamis (14/12/2023).

Kedua, kata dia, Tiktok telah berkomitmen untuk memberikan pendanaan untuk Tokopedia yang dapat mendorong pertumbuhannya. Koesoemohadiani menekankan bahwa GOTO akan tetap memiliki kepemilikan sebesar 24,99% dari entitas Tokopedia yang tidak akan terdilusi lebih lanjut dikarenakan pendanaan di masa depan dari TikTok.

“Hal ini menjadi sangat signifikan karena lingkungan persaingan dalam industri e-commerce masih tidak menentu,” katanya.

Lantas, GOTO akan mendapatkan fleksibilitas lebih tinggi untuk mengalokasikan sumber daya dan modal. Termasuk kemampuan yang lebih baik untuk memperbaiki penjualan dan beban pemasaran serta profitabilitas GOTO dan anak perusahaannya di masa depan terlepas dari dinamika persaingan di industri e-commerce.

Ketiga, setelah transaksi diselesaikan, GOTO akan menerima biaya layanan e-commerce, yang merupakan biaya secara kuartalan yang akan dibebankan atas layanan-layanan khusus yang akan diberikan sesuai dengan persetujuan para pihak. Biaya layanan e-commerce ini akan secara langsung berkontribusi pada EBITDA perusahaan.

Terakhir, lanjut Koesoemohadiani, GOTO yakin bahwa terdapat peluang kolaborasi yang menarik antara entitas Tokopedia yang telah diperluas dengan bisnis fintech dan on-demand GOTO.

“Salah satunya, Perseroan dapat memanfaatkan basis pengguna yang jauh lebih besar yang seharusnya mampu mendorong volume pembayaran, pemberian pinjaman, dan pengiriman Perseroan dan secara langsung meningkatkan pendapatan dan laba Perseroan,” jelasnya.

Sumber : cnbcindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× How can I help you?