28°C Banda Aceh
December 19, 2023
Internasional Nasional Travel

Menhub Dorong Partisipasi Anggota INSA jadikan Indonesia Hub Laut Asia Tenggara

  • December 18, 2023
  • 2 min read
Menhub Dorong Partisipasi Anggota INSA jadikan Indonesia Hub Laut Asia Tenggara

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong anggota Indonesia National Shipowners Association (INSA) untuk menjadikan Indonesia sebagai hub laut di Asia Tenggara.

Dengan menjadi hub, biaya logistik akan lebih kompetitif sehingga akan meningkatkan daya saing Indonesia.

“Kita punya visi bersama untuk menjadikan Indonesia sebagai hub laut di Asia Tenggara. Upaya ini tidak mudah karena kita posisinya di Selatan dibanding negara ASEAN lainnya. Tetapi kawasan Indonesia sangat besar, sehingga sangat memungkinkan,” ujar Menhub, pada Rapat Umum Anggota (RUA) INSA ke-18 Tahun 2023 bertema “INSA Siap Hadapi Tantangan Menuju Indonesia Maju”, Jumat (15/12).

Lebih lanjut, Menhub mengatakan, anggota INSA memegang peranan besar dalam pengelolaan pergerakan kapal, termasuk di dua pelabuhan besar Indonesia yaitu Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta dan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Menhub berharap, ke depan INSA terus berupaya untuk mewujudkan visi tersebut dengan melakukan kolaborasi mendalam dengan para stakeholder, dan aktif memberi masukan kajian profesional kepada Kemenhub.

“INSA adalah partner pemerintah yang sangat baik, kooperatif, dan banyak memberikan masukan-masukan positif. Kami selaku regulator juga akan terus berupaya meningkatkan iklim investasi menjadi lebih baik lagi,” ujar Menhub.

Pada kesempatan tersebut, Menhub juga mengapresiasi kiprah INSA pada forum internasional. Di antaranya keberhasilan INSA melobi negara-negara International Maritime Organization (IMO) sehingga Indonesia kembali terpilih menjadi anggota Dewan IMO Kategori C Periode 2024-2025 dan ditunjuknya INSA sebagai Ketua Federation ASEAN Shipowner’s Association (FASA) atau Asosiasi Pelayaran ASEAN Periode 2024-2026.

“Momentum terpilihnya Indonesia menjadi Anggota Dewan IMO dan INSA sebagai Ketua FASA adalah momentum yang penting bagi perkembangan industri pelayaran Indonesia di kancah internasional. Alangkah lebih baik lagi apabila asosiasi-asosiasi pelayaran di Indonesia ini dapat bergabung menjadi satu satu kesatuan yang utuh dan kuat dalam mengawal peran Indonesia di IMO dan ASEAN,” ujar Menhub.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenkomarves Jodi Mahardi, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Prihadi, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Gramada Baay, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartomo, Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto, serta Plt. Ketua Umum Kadin Yukki Nugrahawan.

Sumber : dephub.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×