28°C Banda Aceh
December 20, 2023
Perkembangan Potensi Cuaca Terkini Hingga Sepekan ke Depan
Nasional

Perkembangan Potensi Cuaca Terkini Hingga Sepekan ke Depan

Dec 20, 2023

(Update: 18 Desember 2023)

Gambaran Umum

Dalam sepekan terakhir kondisi suhu panas dan cukup terik pada siang hari terjadi di beberapa wilayah terutama di sekitar selatan ekuator. Kondisi cuaca panas tersebut secara umum dipicu oleh dominasi cuaca cerah pada siang hari di sebagian besar wilayah di Jawa hingga Nusa Tenggara. Berdasarkan citra satelit cuaca terlihat dalam beberapa hari terakhir di wilayah Jawa atau Indonesia bagian selatan tidak terdapat tutupan awan, sehingga sinar matahari intens/optimum langsung ke permukaan bumi.

Kurangnya pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa-Nusa Tenggara tersebut turut dipicu oleh aktifitas pola tekanan rendah di sekitar Laut Cina Selatan yang menyebabkan berkurangnya aliran massa udara basah ke arah selatan ekuator. Berdasarkan analisis terbaru, aktifitas pola tekanan rendah di sekitar Laut Cina Selatan tersebut masih dapat berlangsung dalam 3-4 hari kedepan dengan kecenderungan melemah intensitasnya sehingga dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di wilayah Jawa-Nusa Tenggara yang dapat terjadi mulai tanggal 23 Desember 2023 mendatang.

Keberadaan pola tekanan rendah di sekitar Laut Cina Selatan tersebut juga secara tidak langsung turut membentuk pola pertemuan serta belokan angin dan menyebabkan terjadinya peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, sehingga dalam sepekan terakhir hujan intensitas lebat masih terjadi di sebagian wilayah Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Baca juga :

Libur Nataru, BMKG Ingatkan Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem

Potensi Cuaca Hingga 23 Desember 2023

Berdasarkan data analisis dinamika atmosfer terkini, dapat diprediksikan bahwa potensi hujan masih terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia.

Hujan intensitas SEDANG-LEBAT masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah;

Sumatera

Kalimantan

Sulawesi Tengah

Papua

Sulawesi

Maluku

Potensi Awan Cumulonimbus

 

Pada periode 18-23 Desember 2023, potensi awan CB dapat terjadi:

Dengan persentase cakupan spasial maksimum antara 50-75% (OCNL / Occasional) diprediksi terjadi di: Laut Andaman, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Filipina, Samudera Pasifik utara Pulau Papua, Samudera Hindia barat Pulau Sumatera, Selat Malaka, Selat Karimata, Laut Sulawesi, Selat Makassar, Laut Seram, Laut Banda, Laut Aru, Laut Arafura, sebagian Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Pulau Papua.

Dengan persentase cakupan spasial >75% (FRQ / Frequent) diprediksi terjadi di : Laut Cina Selatan, Laut Filipina, Samudera Pasifik utara Pulau Papua, Laut Arafura.

Potensi Gelombang Laut Hingga 24 Desember 2023

 

Gelombang Tinggi (2.5 – 4.0 meter) :

Perairan utara Sabang

Perairan Kep. Anambas – Kep. Natuna

Perairan Kep. Subi – Serasan

Samudra Hindia selatan Jawa Barat – Bali

Perairan Kep. Sangihe – Kep. Talaud

Laut Maluku bagian utara

Perairan utara dan barat Halmahera

Laut Halmahera

Perairan utara Raja Ampat

Samudra Pasifik utara Halmahera – Biak

 

Gelombang Sangat Tinggi (4,0 – 6.0 meter) :

Laut Natuna Utara

Imbauan

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan potensi cuaca ekstrem selama periode NATARU 2023/2024, akses informasi cuaca dan peringatan dini cuaca lebih lengkap dapat diakses di apps @InfoBMKG dan website https://www.bmkg.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *