28°C Banda Aceh
December 20, 2023
Pertamina Jamin Ketersediaan Energi Saat Nataru di Wilayah Sumatra
Bisnis Nasional

Pertamina Jamin Ketersediaan Energi Saat Nataru di Wilayah Sumatra

Dec 20, 2023

Pertamina menjamin ketersediaan energi di wilayah Sumatra selama Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pertamina telah membentuk Satgas Nataru yang bekerja 24 jam untuk menjamin kelancaran distribusi energi di Sumatra.

“Pertamina Patra Niaga sudah membentuk tim Satgas Nataru dari tanggal 15 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024,” ujar Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar saat Press Conference Satgas Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Medan, Senin (18/12).

Ia menjelaskan, untuk wilayah Sumbagut (Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau dan Sumatra Barat), secara rata-rata diproyeksikan akan terjadi peningkatan konsumsi pada produk Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) selama periode Satgas Nataru sebanyak 11 persen. Sementara untuk Gasoil (Biosolar, Dexlite, Pertamina Dex) diperkirakan turun 2 persen dan estimasi penyaluran LPG akan meningkat sebesar 2 persen. Peningkatan ini dibandingkan dengan rata-rata penyaluran pada Oktober 2023.

Baca juga :

SKK Migas Setujui Usulan POD Investasi di Teknologi Injeksi Uap, PHR Siap Kembangkan Lapangan Rantaubais

Peningkatan juga diperkirakan terjadi di Sumbagsel sekitar 1,5% untuk Gasoline (bensin) dan Gasoil (solar) sekitar 0,5%.

Selama Satgas Nataru, PT Pertamina Patra Niaga telah menyediakan layanan khusus BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur utama di wilayah Sumatra.

Di Sumbagut, Pertamina menyiagakan 359 SPBU Siaga, 25 motoris, 38 mobil tangki stand by (SPBU Kantong), dan 7 posko kesehatan. Layanan khusus LPG berupa 701 agen LPG PSO siaga, 156 agen LPG NPSO siaga, 35.675 pangkalan LPG PSO siaga, 5.483 pangkalan LPG NPSO siaga dan 81 SPBE LPG PSO/NPSO siaga.

Di Sumbagsel, Pertamina telah menyiapkan infrastruktur dan sarfas meliputi 10 Terminal BBM, 2 Terminal LPG, 675 SPBU, 61 SPBE, 502 Agen LPG, dan 6 DPPU.

Baca juga :

Kembangkan Potensi Panas Bumi, Pertamina Geothermal Energy Bangun PLTP Lumut Balai Unit 2

Pertamina juga menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 81 SPBU Siaga, 5.540 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 7 unit Kiosk Pertamina Siaga, 15 unit Motorist.

“Saat masa Satgas Nataru ini, kami ingin memastikan ketahanan stok dalam keadaan aman, sehingga distribusi tidak terganggu dan masyarakat dapat melaksanakan perjalanan mudik libur Natal dan Tahun Baru dengan nyaman dan tenang,” ungkap Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina telah berkoordinasi dengan pemerintah, BUMN lain, TNI dan Polri untuk memastikan kelancaran distribusi energi selama Nataru.

“Pertamina menjamin ketahanan stok energi nasional dalam keadaan aman, sehingga harapannya saat Nataru masyarakat yang merayakan atau bepergian dapat nyaman dan lancar”, ujar Fadjar

Informasi lebih lanjut mengenai Satgas Nataru, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Sumber : pertamina.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *