28°C Banda Aceh
December 20, 2023
Sambut Libur Nataru 2023/2024, Pelindo Regional 4 Siapkan Pelayanan Optimal
Nasional Travel

Sambut Libur Nataru 2023/2024, Pelindo Regional 4 Siapkan Pelayanan Optimal

Dec 20, 2023

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 siap menghadapi musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan memberikan pelayanan yang maksimal dan optimal melalui sarana dan prasarana yang tersedia di semua pelabuhan kelolaan.

Hal itu diungkapkan Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis, saat menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Reses Komisi V DPR RI yang membidangi Infrastruktur dan Perhubungan di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pelindo di Makassar, beberapa waktu lalu.

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan langkah-langkah proaktif untuk memastikan kesiapan operasional yang optimal menjelang musim Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Fasilitas yang ada di pelabuhan dioptimalkan, sumber daya manusia ditingkatkan, dan solusi logistik terbaru diterapkan untuk memastikan penanganan kargo dan kapal berjalan dengan lancar,” kata Enriany.

Dia menambahkan, Pelindo Regional 4 juga telah melakukan koordinasi untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk perusahaan pelayaran, Kantor Otoritas Pelabuhan, Bea Cukai, intansi terkait lainnya, dan pemerintah setempat.

“Kolaborasi ini bertujuan untuk menyederhanakan proses dan memastikan kelancaran arus barang dan penumpang,” imbuhnya.

Baca juga :

Hadirkan Traveling by Train, KAI Ajak Influencer Promosikan Kereta Api

Regional Head 4 Pelindo juga menegaskan bahwa keselamatan penumpang, awak kapal, dan pekerja pelabuhan tetap menjadi prioritas utama.

Dalam hal ini, pihaknya menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat, termasuk pemeliharaan rutin peralatan dan peningkatan pengawasan keamanan.

“Tahun ini kami menyambut musim Nataru dengan berbagai kesiapan operasional yang optimal. Kami juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan pemangku kepentingan,” tuturnya.

Dia menambahkan, selain berbagai fasilitas yang telah ada, pihaknya kini juga telah menambah fasilitas di terminal penumpang, yakni ruang tunggu sementara (RTS) seperti yang saat ini tersedia di Pelabuhan Makassar.

“Terkait dengan ruang tunggu sementara, jadi memang kami menyediakan ruang tunggu itu untuk penumpang yang kalau bahasa di penerbangan yaitu connecting flight, atau penumpang transit. Dan memang realisasinya, dari 22 pelabuhan kelolaan di Regional 4, kebanyakan penumpang yang naik dan turun adalah di Pelabuhan Makassar,” terang Enriany.

Sumber : kabarbumn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×