28°C Banda Aceh
December 27, 2023
Kemenparekraf: Sejumlah Maskapai Asing Jajaki Penerbangan Internasional Langsung ke Labuan Bajo
Nasional Travel

Kemenparekraf: Sejumlah Maskapai Asing Jajaki Penerbangan Internasional Langsung ke Labuan Bajo

Dec 27, 2023

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan sudah ada beberapa maskapai yang menjajaki penerbangan langsung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Menparekraf Sandiaga dalam Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (22/12/2024) mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk mencapai  target 1 juta wisatawan yang dilayani oleh Bandara Komodo yang direncanakan bisa tercapai pada 2024.

Baca juga :

Libur Natal 2023, Produktivitas Penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta Mengalami Peningkatan

“Kami sedang diskusi dengan beberapa pihak dan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan bahwa ada minat untuk 3 originasi penerbangan langsung, pertama dengan Air Asia Kuala Lumpur, Scoot dengan Singapura, dan Jetstar melalui Australia,” ujarnya.

Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina menjelaskan, pihaknya akan fokus di berbagai kegiatan event pada tahun 2024 untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke salah satu dari 5 destinasi super prioritas itu.

Baca juga :

Jumpa Pers Akhir Tahun, Kemenparekraf Paparkan Capaian Kinerja di Sepanjang 2023

“Tahun depan kami menargetkan akan ada event di setiap bulannya sebagai pemantik untuk mendatangkan wisatawan. Sementara itu, 2024 kita akan fokus juga pada peningkatan pilihan produk wisata yang lebih beragam. Jumlah kunjungan wisatawan terdata ke Labuan Bajo sudah mencapai 270 ribu lebih, angka ini sudah lebih besar dibandingkan pada jumlah kunjungan tertinggi Labuan Bajo sebelum pandemi di tahun 2019. Kami juga sedang menyasar kerjasama penerbangan langsung dari Australia maupun Singapura termasuk bekerjasama bersama industri menangani tantangan fluktuasi low season Labuan Bajo,” ujarnya.

Baca juga :

Menparekraf Pastikan Suasana Libur Nataru di TMII Kondusif

Sementara itu, kata Shana, tahun depan pihaknya akan memiliki mitra di Parapuar untuk meningkatkan fasilitas, atraksi, dan akomodasi sehingga terus mempersiapkan semua infrastrukturnya.

“Meskipun di Parapuar saat ini belum terhubung dengan PLN namun kami telah menginisiasi menggunakan solar panel independen yang juga bisa menjadi contoh penerapan parekraf hijau di Labuan Bajo,” katanya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dan seluruh pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

Baca juga :

Dua Bulan Kereta Cepat Whoosh Hadir, Telah Tembus 1 Juta Penumpang

Jumpa Pers Akhir Tahun 2023 ini didukung mitra co-branding “Wonderful Indonesia” yakni Nutrisari-Wdank, Waterbom Bali, Sea Safari Cruise, Aice Ice Cream, Kara Indonesia – PT. Sambu Group, Hydro Coco, Grab Indonesia, Traveloka, Kecap Bango – PT. Unilever Indonesia TBK, White Horse Group, PT. Pembangunan Jaya Ancol TBK, Tugu Hotels & Restaurants, Pipiltin Cocoa, Rumah Atsiri Indonesia, Batavia Cafe Jakarta, Trac Astra.

Selain mitra co-branding, Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2023 juga turut berkolaborasi dan didukung oleh dengan berbagai pihak diantaranya Fore Coffee, The Ascott Limited Indonesia, Deltomed, Consina Outdoor Lifestyle, MesaStila Resort & Spa, Citra Cosmetic – PT. Unilever Indonesia TBK, Manhattan Hotel Jakarta, Bintang Toedjoe, dan Tokopedia.

Sumber : kemenparekraf.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *