28°C Banda Aceh
December 27, 2023
Sandi Tekankan Pengelola Destinasi Perkuat Crowd Management Hadapi Lonjakan Wisatawan di Libur Nataru
Wisata

Sandi Tekankan Pengelola Destinasi Perkuat Crowd Management Hadapi Lonjakan Wisatawan di Libur Nataru

Dec 27, 2023

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menekankan agar pengelola destinasi dan sentra ekonomi kreatif di berbagai daerah tanah air memperkuat penerapan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) termasuk di dalamnya pengelolaan kerumunan (crowd management) dalam menghadapi lonjakan kunjungan wisatawan saat momen libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menparekraf Sandiaga usai meninjau Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (26/12/2023), mengatakan penerapan protokol CHSE termasuk tata kelola kerumunan perlu dipersiapkan agar dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan saat berlibur.

Baca juga :

Sandiaga Uno Tinjau Kesiapan Destinasi Wisata di Pantai Indah Kapuk Saat Libur Nataru

“Pengelola destinasi harus menyiapkan mitigasi saat wisatawan membludak agar tetap ada crowd control, ada pengelolaan terhadap penumpukan pengunjung,” kata Menparekraf Sandiaga.

Hal ini terkait dengan situasi COVID-19 yang belakangan meningkat juga mitigasi bencana mengingat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 merupakan salah satu momentum pergerakan manusia dan ekonomi yang signifikan di samping libur akhir pekan (weekend).

Menparekraf Sandiaga mengatakan akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait termasuk Kementerian Kesehatan untuk memastikan COVID-19 tetap terkendali.

Baca juga :

Menparekraf Pastikan Suasana Libur Nataru di TMII Kondusif

Namun ia tetap mengimbau agar wisatawan tetap meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan. Ia melihat saat ini wisatawan telah memiliki kesadaran tinggi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Menparekraf sebelumnya juga telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada kepala daerah, asosiasi usaha pariwisata, serta pengelola/pelaku usaha pariwisata tentang penyelenggaraan kegiatan wisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan pada saat perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca juga :

Wamenparekraf Pastikan Perayaan Natal Nasional 2023 Siap Dilaksanakan

Selain penerapan CHSE, surat edaran juga mengimbau agar seluruh pihak terkait dapat berkoordinasi dengan pihak terkait di daerah masing-masing, melakukan kalibrasi atau uji petik keamanan dan kelaikan, serta melakukan perawatan terhadap fasilitas/wahana usaha secara berkala, melakukan mitigasi bencana, memastikan kesiapan petugas dan pengelola dalam pelayanan wisata, dan lain sebagainya.

“Hal-hal ini yang saya harap dapat menjadi perhatian. Mudah-mudahan COVID-19 tetap terkendali dan silakan berwisata dengan tetap penuh kewaspadaan,” ujar Sandiaga.

Sumber : kemenparekraf.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *