28°C Banda Aceh
December 27, 2023
Wujud Indonesia Sentris, Pelabuhan Patimban Hadir Menyeimbangkan Arus Logistik Nasional
Daerah Nasional

Wujud Indonesia Sentris, Pelabuhan Patimban Hadir Menyeimbangkan Arus Logistik Nasional

Dec 27, 2023

Kehadiran Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, dapat menyeimbangkan arus logistik antara wilayah Barat, Tengah, dan Timur Indonesia.

“Kami membangun infrastruktur transportasi laut seperti Pelabuhan Patimban, dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berparadigma Indonesia Sentris atau merata ke seluruh wilayah,” ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (24/2).

Pelabuhan Patimban merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun dengan nilai investasi Rp18,9 triliun. Kehadirannya diharapkan dapat meningkatkan daya saing logistik nasional, yang dapat mendukung terwujudnya visi Indonesia Emas 2045 yang diusung oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga :

Wujud Indonesia Sentris, Kemenhub Bangun LRT Pertama di Sumatera dan KA Pertama di Sulawesi

“Pelabuhan Patimban akan menjadi pelabuhan besar bersama dengan Pelabuhan Tanjung Priok yang menjadi bagian dari rantai pasok global,” ucap Menhub.

Menhub mengatakan, pemerintah terus mengupayakan pengembangan Pelabuhan Patimban dapat berfungsi secara optimal. Beberapa upaya yang dilakukan yaitu: melakukan peningkatan kapasitas terminal, membangun akses jalan, serta membangun ekosistem di sekitar kawasan pelabuhan.

“Kami mengajak para pelaku usaha untuk memanfaatkan Pelabuhan Patimban sebagai pusat kegiatan logistik dan terlibat dalam pengembangan ekosistemnya. Saat ini sejumlah negara sudah menyatakan minatnya untuk berinvestasi,” tuturnya.

Baca juga :

Menhub Tinjau Stasiun Pasar Senen, Produktivitas Penumpang Kereta Api Meningkat Dibandingkan Libur Nataru Tahun Lalu

Pemerintah terus menyelesaikan pengembangan Pelabuhan Patimban fase 1 seperti terminal peti kemas yang memiliki kapasitas 250.000 TEUs dan terminal kendaraan berkapasitas 218.000 CBU sudah rampung.

Saat ini sedang berlangsung tahap konstruksi pembangunan fase 2 yang akan meningkatkan kapasitas terminal kendaraan menjadi 600.000 CBU dan terminal peti kemas mencapai 3,75 juta TEUs.

Sumber : dephub.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *