28°C Banda Aceh
December 28, 2023
Arak-Arakan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Ruko-Ruko Terbakar
Daerah Nasional

Arak-Arakan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Ruko-Ruko Terbakar

Dec 28, 2023

Arak-arakan prosesi pemakaman mantan Gubernur Papua Lukas Enembe diwarnai kerusuhan dan semakin meluas. Berdasar informasi yang dihimpun, arak-arakan yang berlangsung di jalur lintasan Sentani-Jayapura pada Kamis (28/12/2023) sore tersebut awalnya berlangsung damai dan lancar.

Hingga akhirnya peserta longmarch pengantaran jenazah almarhum Lukas Enembe, melakukan aksi-aksi pembakaran rumah-rumah dan toko-toko milik warga di Abe dan Waena. Disinyalir kericuhan dipicu oleh provokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pembakaran bangunan-bangunan juga menyasar di sekitar perumahan, serta toko-toko Korem Waena-172. Pembakaran juga dikabarkan terjadi di kantor kedinasan kesehatan, dan di sekitar perumahan Korem Waena.

Baca juga :

Kapolri Perintahkan Polisi Amankan Prosesi Pemakaman Lukas Enembe

“Situasinya sekarang ini di Waena terjadi pembakaran-pembakaran ruko-ruko oleh warga yang mengantarkan jenazah (Lukas Enembe),” kata seorang warga.

Sumber tersebut mengatakan, selepas dari Sentani, warga Papua yang membawa peti jenazah Lukas Enembe melakukan longmarc, atau aksi jalan serempak menuju ke Kota Jayapura.

Dalam arak-arakan tersebut, para peserta aksi massa melewati sejumlah wilayah perkotaan lintas, di seperti Expo Waena, Abe, Kota Jayapura, sampai ke Koya yang menjadi tempat rencana pemakaman Lukas Enembe. Lalu sebagian kelompok massa tersebut melakukan aksi-aksi nekat dengan pelemparan batu, dan pembakaran.

Disebutkan, ada lebih dari 20-an kios, ruko-ruko yang masih dalam kondisi terbakar di sepanjang jalan Waena.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo yang dikonfirmasi oleh sebuah media massa menyebutkan belum memperoleh informasi lengkap. “Kami belum mendapatkan kabar itu,” kata Ignatius Benny Prabowo.

Ignatius mengatakan akan ada penyampaian resmi dari pihak keamanan perihal kondisi dan situasi terakhir prosesi pemakaman Lukas Enembe tersebut.

Lukas Enembe adalah Gubernur Papua aktif yang dilucuti jabatannya lantaran statusnya sebagai tersangka korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjebloskannya ke penjara di Rutan KPK sejak September 2023.

Lukas meninggal dunia pada Selasa (26/12/2023) di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat. Saat meninggal, ia dalam status pembantaran selama sakit. Tetapi status hukumnya adalah terdakwa yang sedang menjalani masa pemidanaan selama 10 tahun akibat kasus korupsi yang menjeratnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *