28°C Banda Aceh
December 28, 2023
KontraS Aceh Sesalkan Aksi Mahasiswa Terhadap Rohingya di Banda Aceh
Daerah Nasional

KontraS Aceh Sesalkan Aksi Mahasiswa Terhadap Rohingya di Banda Aceh

Dec 28, 2023

Aksi mahasiswa terhadap pengungsi Rohingya di basement Gedung Balai Meuseuraya Aceh (BMA), telah menjadi bumerang bagi mereka yang selama ini menjadi garda terdepan mengangkat isu sosial di Aceh. Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Aceh Azharul Husna melalui sambungan telepon seperti yang dilansir oleh Kompas.com.

“Faktanya, banyak yang tidak berkenan dengan attitude yang dipertontonkan oleh mahasiswa,” kata Azharul pada Kamis, 28 Desember 2023.

Baca juga :

Mahasiswa Usir Paksa Pengungsi Rohingya di Banda Aceh

Menurut Azharul, aksi mahasiswa berteriak dan menendang barang tepat di depan perempuan dan anak-anak yang menangis panik sangat tidak patut dilakukan.

Tindakan hanya akan memancing Masyarakat untuk berkomentar miring berkaitan dengan gerakan mahasiswa hari ini. “Terlepas dari itu, apa yang terjadi di gedung BMA pasti berdampak secara psikis terhadap pengungsi di sana, terutama perempuan dan anak-anak yang tentu saja trauma,” ujar Azharul.

Baca juga :

Mahasiswa Aceh Usir Rohingya, Mahfud MD : Sudah di Tempat Aman

Ia menambahkan, Pemerintah Pusat harus segera mengambil sikap dengan pihak terkait untuk mengurai masalah kepengungsian di Aceh. “Jangan cuma melontarkan statment yang menggantung. Situasi akan semakin kacau kalau keadaan ini dibiarkan berlarut-larut,” sebutnya.

Selain itu, KontraS Aceh berharap agar semua orang menahan diri, setidaknya atas nama agama dan kultur penghormatan tamu dengan memberi keleluasan bagi pihak-pihak seperti Badan Pengungsi PBB untuk melakukan penanganan pengungsi.

“Kekisruhan ini hanya akan membuat banyak orang lelah, secara mental atau psikis. Ini harus segera diredam,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *