Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ampuh Mengusir Cicak Tanpa Ribet

sindownews

Cicak-cicak di dinding
Diam-diam merayap
Datang seekor nyamuk
Hap! Lalu ditangkap

lagu yang sering kita dengar ketika kecil, karena cara lain mengenalkan cicak kepada anak kecil. Cecak atau cicak merupakan hewan reptil yang sering kita jumpai di dinding atau pohon. Cecak memiliki beberapa jenis warna mulai abu-abu,  coklat kehitam-hitaman dan putih. ukuran cicak sekitaran 10 cm saja. Cecak dan tokek tergolong dalam sebangsanya ke dalam suku Gekkonidae Cecak dapat bertahan hidup sampai 15 tahun.

Jenis – jenis cecak di Indonesia:

  • Cecak tembok(Latin Cosymbotus platyurus), yang kerap ditemui di tembok-tembok rumah dan sela-sela atap. Cecak ini bertubuh pipih lebar, berekor lebar dengan jumbai-jumbai halus di tepinya. Bila diamati di tangan, dari sisi bawah akan terlihat adanya lipatan kulit agak lebar di sisi perut dan di belakang kaki. Cecak ini bersuara “cek, cek, cek”
  • Cecak kayu(Hemidactylus frenatus), yang bertubuh lebih kurus. Ekornya bulat, dengan deret tonjolan kulit serupa duri, yang memanjang dari pangkal ke ujung ekor. Cecak kayu lebih menyukai tinggal di pohon-pohon di halaman rumah, atau di bagian rumah yang berkayu seperti di atap. Terkadang didapati bersama cecak tembok di dinding luar rumah dekat lampu, namun umumnya kalah bersaing dalam memperoleh makanan. Cecak ini bersuara “cak, cak, cak” keras, yand dapat terdengar dari kejauhan.
  • Cecak gula(Gehyra mutilata), bertubuh lebih kecil, dengan kepala membulat dan warna kulit transparan serupa daging. Cecak ini kerap ditemui di sekitar dapur, kamar mandi dan lemari makan, mencari butir-butir nasi atau gula yang menjadi kesukaannya. Sering pula ditemukan tenggelam di gelas berisi minuman manis seperti kopi, susu atau teh
  • Cecak batu(Cyrtodactylus marmoratus). (sumber : https://id.wikipedia.org/)

https://www.abchafau.com/

sumber : abchafau.com

Salah satu hewan yang sering ditemui di dalam rumah adalah cicak. Cicak selain merayap didinding juga terkadang ditemui dimeja makan bahkan masuk dalam tudung saji sehingga memakan lauk yang kita makan. Cicak dapat juga sebagai pembasmi berbagai macam serangga semisal nyamuk dan laron.

Pengaruh cicak pada kesehatan.

Pada umumnya keberadaan cicak menggangu dan terkesan jorok namun tetap membiarkan mereka berkeliaran di dalam rumah bahkan berkeliaran dimeja makan. Karen kebiasaan membiarkan mereka bermain dimeja makan bahkan makanan yang sudah disentuh oleh cicak juga dianggap biasa saja dan masih aman untuk dikonsumsi. tahukah kamu, hal ini dapat memengaruhi kesehatan? Karena selain bereliaran di berbagai tempat, cicak juga bersembunyi ditempat yang jorok dan kotor sehingga  tubuh cicak pun bisa saja dipenuhi oleh berbagai kuman dan bakteri berbahaya. Bakteri yang sering ditemui di dalam tubuh cicak adalah Escherichia Coli atau E.Coli. Bakteri ini sebagai salah satu penyebab utama sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya. Karena alasan inilah, ada baiknya kita menjaga tempat makanan laukk atau makanan lainnya yang akan kita konsumsi ditutup dengan tudung saji dengan rapat sehingga tidak mudah disentuk dengan cicak begitu juga dengan sendok nasi.

Ada beberapa cara untuk mengusir cicak :

Cara mengusir cicak

Untuk mengusir cicak dari dalam rumah, Anda bisa melakukan cara-cara sebagai berikut:

1. Ventilasi rumah  :

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menguscir cicak adalah dengan menutup ventilasi rumah yang menjadi keluar masuknya cicak. Menutup dengan memasang kawat atau kasa nyamuk selain untuk menghalangi nyamuk juga untuk menjaga udara tetap dapat keluar masuk agar ruangan tetap sejuk.

2. Selain menutup ventelasi untuk mengusir cicak dapat dilakukan dengan Menaburkan bubuk kopi.  Selain menjaga kantuk dengan meminum kopi, bubuk kopi juga memiliki banyak manfaat lain diantaranya digunakan untuk mengusir cicak. Cicak tdaika menyukai aroma menyengat yang dihasilkan oleh dari bubuk kopi. Untuk menguatkan aromanya, campurkan bubuk kopi dan tembakau hingga merata dan taburkan di beberapa area rumah yang biasa dilalui oleh cicak. Bubuk tembakau memiliki fungsi sebagai racun bagi hewan melata itu.

3. bawang putih, selain sebagai bumbu masakan juga mampu mengusir cicak dengan aromanya yang dikenal cukup kuat. dengan Aroma bawang putih yang kuat diyakini dapat mengusir cicak. Karena itu kita bisa dapat menggunakannya sebagai media mengusir cicak. Caranya bisa dengan memotong dan  meletakkan di sejumlah area rumah atau membuatnya menjadi semprotan cair dengan bahan bawang putih. Cara membuat semprotan ini salah satunya dapat dengan cara di blander bawang putih lalu dimasukkan dalam botol lalu semprotkan tempat yang sering dilalui cicak.

5. Menjaga suhu ruangan tetap dingin. Cicak merupakan hewan berdarah panas sehingga tidak cocok diruang yang sejuk atau dingin. Itu artinya hewan ini tidak senang tinggal di tempat bersuhu dingin. Kita bisa menjaga ruangan tetap dingin untuk menghasilkan hawa dingin dan membuat cicak tidak tertarik untuk memasuki rumah kita.

6. menjaga kebersihan ruangan. Membersihkan setiap celah celah yang jarang terjangkau oleh kita karena sifat senang dicelah celah sempit, seperti  kolong meja, atau kolong tempat tidur. Bersihkan setiap celah yang ada di rumah agar terbebas dari kotoran dan debu. Jika kolong meja dan kolong tempat tidur dibersihkan secara rutin, maka cicak pun tidak akan betah di tempat tersebut.

cara ampuh dan mudah dilakukan untuk mengusir cicak dari rumah .

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.