Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sederhana dan Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ penting yang berperan penting dalam menyaring zat beracun di tubuh. Jika tidak dijaga dengan baik, bukan tidak mungkin Anda berisiko terkena penyakit ginjal.

Lantas, bagaimana menjaga kesehatan ginjal agar terhindar dari penyakit?

Baca juga :

Kurangi Konsumsi 5 Makanan Ini Supaya Ginjal Sehat

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat ginjal tetap sehat.

  1. Pola Makan Sehat

Menjalani pola makan yang sehat telah terbukti memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, termasuk kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan penyebab penyakit ginjal berawal dari tekanan darah tinggi dan diabetes.

Namun, kedua masalah kesehatan tersebut bisa dihindari asalkan Anda menjaga pola makan. Anda bisa mulai dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa ada beberapa jenis sayur dan buah yang ternyata baik untuk kesehatan ginjal, seperti:

  • Buah ceri yang rendah kalium dapat mengendalikan keasaman di tubuh;
  • Sayuran rendah kalium, seperti kol, lobak, dan terong untuk menyeimbangkan mineral kalium;
  • Apel yang kaya akan antioksidan dan rendah kalium tidak memberatkan kerja ginjal.
  1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Sering disepelekan, minum air putih ternyata penting untuk menjaga kesehatan ginjal, lho. Cara menyehatkan ginjal yang satu ini cukup alami dan bisa digunakan untuk mencegah penyakit.

Mengapa demikian?

Pertama, memenuhi kebutuhan cairan dengan air putih ternyata membantu melancarkan proses menyaring darah saat membuang limbah beracun. Dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, kemampuan ginjal yang sehat untuk menyaring sekitar 150 liter darah per hari.

Lewat penyaringan ini, ginjal membuang limbah (zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh) dalam darah, seperti natrium, kalium, fosfor, kalium. Air dalam tubuh akan membantu menjaga pembuluh darah terbuka, sehingga darah dapat melewati ginjal dengan lancar.

Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Pasalnya, ginjal berperan penting dalam menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Keseimbangan tersebut yang membuat saraf, otot, dan jaringan berfungsi dengan normal.

  1. Rutin Berolahraga

Sudah bukan rahasia umum lagi jika rutin berolahraga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ginjal.

Pasalnya, olahraga teratur dapat membantu tubuh mengontrol tekanan darah, glukosa, dan kadar kolesterol. Ketiganya komponen tersebut adalah hal yang perlu dikendalikan untuk mencegah penyakit ginjal.

  1. Tidak sembarang minum obat dan vitamin

Penggunaan obat yang terlalu sering dalam jumlah banyak dapat merusak ginjal Anda. Hal ini karena ginjal berperan dalam pembuangan sisa-sisa obat dari tubuh. Obat-obatan seperti obat NSAID dan pencahar perlu diminum seusai dengan rekomendasi dokter demi menjaga kesehatan ginjal Anda.

Oleh sebab itu, jangan pernah sembarangan ketika mengonsumsi obat. Pasalnya, penyakit ginjal bisa muncul akibat terlalu lama dan terlalu banyak minum obat-obatan dari yang dianjurkan.

  1. Berhenti Merokok

Bagi para perokok mungkin sudah saatnya untuk berhenti karena kandungan dalam rokok memang terbukti dapat merusak tubuh, termasuk fungsi ginjal. Begini, zat beracun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menghambat aliran darah.

Akibatnya, jantung perlu bekerja lebih keras agar darah terpompa dan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit ginjal. Maka itu, sebaiknya berhentilah merokok sesegera mungkin untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

  1. Batasi minum minuman beralkohol

Bahaya dari alkohol memang berdampak cukup besar terhadap kesehatan. Berbagai kerusakan bisa terjadi jika Anda tidak membatasi alkohol yang masuk ke tubuh, termasuk penurunan fungsi ginjal.

Hal ini dikarenakan efek diuretik pada alkohol bisa meningkatkan jumlah urine yang diproduksi. Akibatnya, ginjal sulit mengatur aliran urine dan cairan tubuh, termasuk mengendalikan ion natrium, kalium, dan klorida. Jika hal tersebut terjadi, tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit yang menyebabkan dehidrasi.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.