Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kurangi Konsumsi 5 Makanan Ini Supaya Ginjal Sehat

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting bagi Kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kesehatan ginjal harus dijaga dengan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi sodium dan natrium ini.

Organ ini pula yang berperan dalam membersihkan darah. Ginjal bertugas dengan menyaring dan membuang kotoran yang ada di dalam darah.

Baca juga :

Kurangi Konsumsi 5 Makanan Ini Supaya Ginjal Sehat

Dikutip dari Healthline, setiap hari ginjal bisa menyaring darah sekitar 200 liter. Ginjal yang sehat akan menjaga sel darah tetap sehat. Kesehatan ginjal tergantung dengan pola makan.

Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung sodium dan natrium tinggi.

Berikut 5 makanan yang sebaiknya dikurangi konsumsinya agar ginjal tetap sehat.

Baca juga :

Cara Sederhana dan Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal

  1. Kurangi Mengonsumsi Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis, hot dog, daging deli merupakan ancaman bagi kesehatan ginjal. Daging olahan mengandung sodium dan natrium dalam jumlah yang tinggi.

Jika kamu mengasup natrium 2.300 ml dalam sehari bisa meningkatkan tekanan darah dan mengganggu kesehatan ginjal. Selain itu, daging olahan tinggi akan protein hewani.

Sementara itu, jika kamu mengasup lebih banyak protein hewani tanpa mengimbangi dengan sayuran, bisa meningkatkan laju perkembangan penyakit ginjal.

  1. Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu lainnya juga harus dikurangi karena tidak bagus untuk kesehatan ginjal. Susu mengandung fosfor dalam jumlah yang tinggi,

Kandungan tersebut bisa memberikan tekanan pada organ ginjal. Selain itu, kelebihan fosfor juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Mulai dari mual, muntah, tubuh lemas dan sesak nafas.

  1. Kentang Goreng

Kentang merupakan makanan kaya nutrisi. Namun jika diolah dengan cara digoreng bisa membahayakan kesehatan ginjal. Begitu juga dengan keripik kentang.

Kentang tinggi akan potasium yang merupakan mineral yang biasanya disarankan untuk diwaspadai jika jika ginjal terganggu dan mencapai CKD stadium 3A atau gagal ginjal tahap selanjutnya.

  1. Mayones

Mayones biasa disantap sebagai pelengkap makanan, seperti cocolan kentang goreng. Mayones terbuat dari minyak, kuning telur, lemon, garam dan mustard.

Bukan tak mungkin bahwa mayones memiliki kandungan kalori dalam jumlah yang tinggi. Satu sendok makan mayones mengandung 103 kalori. selain itu, mayones juga tinggi akan lemak jenuh.

Menurut peneliti di University of Maryland Medical Center, mengonsumsi mayones terlalu banyak bisa menyebabkan penyakit jantung, ginjal dan arteri koroner.

  1. Minuman Soda

Minuman soda terutama yang berwarna gelap merupakan pantangan bagi orang yang memiliki infeksi ginjal. Minuman tersebut mengandung kalori dan gula yang tinggi.

Selain itu, juga mengandung zat aditif yang mengandung fosfor. Sebab banyak produsen makanan dan minuman yang menambahkan fosfor selama proses pembuatan untuk meningkatkan rasa.

Juga bertujuan memperpanjang usia simpan dan mencegah perubahan warna. Karenanya minuman ini tidak boleh dikonsumsi secara terus menerus untuk penderita penyakit ginjal.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.