Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Varian Baru Virus Corona Sudah Masuk RI, Waspada!

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengkonfirmasi bahwa Sub-varian omicron BA.4 dan BA.5 sudah masuk ke Indonesia. Hal ini diungkapnya saat ditemui di kantornya, Jumat (10/6/2022).

“Nah, untuk informasi teman-teman itu memang sudah ditemukan di Indonesia kemarin di Bali sudah ada 4 orang yang terkena BA.4 dan BA.5. Kita sekarang sudah monitor karena memang ini bisa menghindari imunitas vaksin, penyebarannya juga cepat sama seperti varian Omicron,” ungkap Budi.

Budi mengatakan, kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi beberapa waktu ini juga terjadi karena adanya varian baru tersebut.

“Jadi kita sudah memastikan penyebab kasus naik pasti adanya varian baru,” tuturnya.

Meski begitu, kasus Covid-19 di Indonesia menurut BGS masih terpantau baik. Penyebabnya adalah angkat positivity rate dan transmisi kasus yang dilaporkan rendah. Sejauh ini, hanya DKI Jakarta yang mencatatkan angka positivity rate pada level 3%. Sementara itu secara nasional masih dilaporkan berada di 1,1%.

“Tapi berhubung imunitasnya masih tinggi, kita lihat kenaikannya kasus masih dalam level yang aman,” katanya.

Menurut profesor kedokteran penyakit menular dari Northwestern, Michael Angarone, gejala BA.4 dan BA.5 disebut mirip seperti varian virus Corona lainnya.

“Jadi ini virus yang sama, jadi SARS CoV-2. Jadi kami melihat gejala yang sama,” katanya, seperti dikutip dari Deseret News.

 

Berikut tanda-tanda Omicron BA.4 dan BA.5:

Gejala Umum

Demam

Batuk

Kelelahan

Hilangnya rasa atau bau

Gejala Kurang Umum

Sakit tenggorokan

Sakit kepala

Sakit dan nyeri

Diare

Ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki

Mata merah atau iritasi

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.