Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Hidup Lebih Bahagia

Bahagia menjadi dambaan setiap manusia. Apalagi tantangan dan kendala kerap menemani proses perjalanan mencapai tujuan hingga menuntut manusia kian tertekan. Ditengah beratnya tanggung jawab, beban, hingga tekanan sering menjadikan manusia menjadi mudah gelisah dan sedih. Efek tuntutan hidup di dunia sering kali dapat memberikan efek negatif kepada kehidupan manusia.

Namun, beberapa masalah atau tuntutan menyebabkan manusia kian stres hingga mempermainkan emosi manusia, tiba-tiba sedih, lain kali makin bimbang. Oleh karena itu, manusia perlu memiliki kemampuan untuk bisa mengolah perasaan, pikiran, hingga diri untuk senantiasa bahagia dalam berbagai tekanan. Selama berjalannya kehidupan manusia, ada banyak orang yang telah berhasil mengatasi segala permasalahan yang dihadapinya. Sebagai manusia, kebahagiaan adalah tujuan utama. Beberapa tips yang diberikan di bawah merupakan akumulasi dari berbagai cara yang bisa dilakukan Kamu lakukan, baik dari diri sendiri maupun dari sesuatu yang ada di luar diri.

  1. Tersenyum atau Perbanyak Tawa

Senyum menjadi salah satu ibadah berupa sedekah. Dengan tersenyum suasana hati akan membaik dan lingkungan sekitar pun akan merasakan kenyamanan. Tertawa bisa jadi obat paling ampuh untuk mengubah suasana hati menjadi lebih bahagia. Tertawa sendiri bisa dikatakan sebagai bentuk terapi ketika manusia sedang mengalami kegalauan atau kegelisahan. Bersilaturrahmi dengan rekan salah satu situasi yang dapat mengundang tawa.

Dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan, ternyata ketika manusia tertawa, maka tubuh secara langsung akan menghasilkan hormon endorfin sehingga bisa menimbulkan perasaan bahagia. Selain itu, tertawa juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan lebih efektif hingga mencapai 87%.

  1. Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga ternyata merupakan salah satu tips untuk Kamu yang sedang merasa lelah dan tidak bahagia. Olahraga secara rutin ternyata sangat berpengaruh untuk mengurangi beban stres, gejala depresi, rasa cemas, hingga pikiran berlebihan.

Agar Kamu bisa merasakan manfaat yang diberikan dari olahraga seperti hidup dengan bahagia, Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat. Kamu cukup melakukan olahraga secara ringan saja. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Kamu lakukan di antaranya yaitu jalan pagi mengelilingi kompleks rumah, melakukan peregangan ketika hendak terlelap, dan mengikuti berbagai kelas olahraga seperti yoga, zumba, dan lain sebagainya.

  1. Tidur Yang Cukup

Untuk dapat membuat hati merasa menjadi lebih bahagia, Kamu bisa mencoba memperbaiki kualitas dan waktu untuk tidur. Salah satu tips agar bisa mendapatkan kebahagiaan dalam hidup adalah memiliki tidur yang cukup dan berkualitas.

Waktu yang cukup untuk beristirahat manusia pada umumnya adalah 7 hingga 9 jam per harinya. Selain waktu yang terpenuhi, Kamu perlu menyediakan tempat yang nyaman untuk semakin memuaskan tidurmu.

  1. Konsumsi Makanan Yang Sehat

Kualitas perasaan seseorang dapat dipengaruhi oleh makanan yang dimasukkan ke tubuh. Ada juga beberapa zat gizi tertentu yang sangat berkaitan erat hingga memberikan pengaruh kepada kondisi psikologis seseorang, misalnya seperti makanan yang mengandung karbohidrat cenderung melepas serotonin atau hormon kebahagiaan. Selain karbohidrat, Makanan yang mengandung protein yang tinggi bisa digunakan untuk meningkatkan konsentrasi. Makanan berprotein tinggi dapat membuat otak melepaskan senyawa yang baik seperti dopamin dan norepinefrin.

Sedangkan, makanan yang dihasilkan melalui proses pengolahan yang panjang malah bisa menimbulkan suasana hati yang buruk. Selain itu, makanan yang digoreng juga cenderung dapat lebih menimbulkan efek suasana hati yang buruk.

  1. Berikan Pujian Kepada Orang Lain

Kemudian, untuk dapat hidup dengan bahagia, Kamu bisa sering memberikan pujian yang tulus kepada orang lain. Cara ini merupakan salah satu cara untuk bahagia paling mudah untuk dicoba. Memberikan pujian tidak hanya bisa menyenangkan hati orang lain, pujian kepada orang lain ternyata juga sangat bermanfaat untuk diri sendiri. Hal itu bisa membuat Kita lebih memiliki suasana yang baik karena dipengaruhi oleh orang lain.

  1. Jangan Larut dalam Kesendirian

Manusia sesungguhnya merupakan representasi dari makhluk sosial. Sekalipun beberapa orang memiliki karakter sebagai introvert, namun, tetap saja seorang introvert tetap memerlukan waktu untuk bercerita dan bersosialisasi dengan satu atau dua yang dipercaya. Oleh karena itu, salah satu tips yang bisa dilakukan agar bisa tetap hidup dengan bahagia adalah tidak larut dalam kesendirian.

  1. Tidak Bergantung kepada HP dan Media Sosial

Salah satu cara agar Kamu bisa semakin meningkatkan kualitas hidup dan menjadi bahagia adalah dengan cara melakukan kontrol terhadap HP dan media sosial. Banyak riset yang sudah menunjukkan bahwa seseorang yang berhasil mengabaikan dan melakukan kontrol terhadap HP dan media sosial cenderung memiliki hidup yang bahagia.

  1. Menciptakan Ritual Self Care Yang Sesuai Dengan Diri

Seperti yang diketahui bahwa perasaan setiap orang sangat beragam, dalam usaha menciptakan self care sendiri perlu disesuaikan dengan situasi dan keadaan hati seseorang yang sedang membutuhkannya. Oleh karena itu, salah satu kunci mendapatkan kebahagiaan dalam hidup adalah mengenali diri sendiri dan memiliki kemampuan mengantisipasi pemikiran maupun perasaan yang bisa merugikan diri sendiri.

  1. Mengalokasikan Waktu Dan Rezeki Untuk Orang Lain

Tips selanjutnya yang bisa digunakan untuk mendapatkan kebahagian dalam hidup adalah mengalokasikan waktu dan rezeki yang Kamu miliki untuk orang lain. Sesuai dengan banyak studi yang sudah mengatakan bahwa melakukan kebaikan dengan saling berbagi sesuatu yang bisa membuat bahagia dapat membuat hati seseorang menjadi lebih bahagia.

  1. Agendakan me-time

Selanjutkan, salah satu cara yang bisa bikin Kamu bahagia ini berbeda dengan tips yang sudah disampaikan di atas sebelumnya, yakni larut dalam kesendirian. Melakukan pengagendaan untuk me-time atau menyendiri sangat berbeda dengan larut dalam kesendirian.

Me time sangat cocok bagi Kamu yang setiap harus berhubungan orang atau setiap saat bekerja dengan orang lain. Me time menjadi solusi agar dapat menemukan kebahagiaan yang kamu inginkan sesungguhnya. Beberapa bentuk untuk me time bisa jadi seperti mengunjungi restoran favorit untuk menikmati suasana dan tempat tersebut, menonton film sendirian di bioskop, hingga mengunjungi berbagai tempat impian tanpa memikirkan orang lain.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.