Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lima Hal Yang Kamu Ketahui Tentang Varian BA.4 dan BA.5 Omicron

Sub-varian BA.4 dan BA.5 Omicron mengancam akan memicu gelombang baru infeksi COVID-19 di Afrika Selatan. Inilah yang kami ketahui tentang mereka sejauh ini.

  1. Sudah beredar sejak Januari

Varian BA.4 pertama kali terdeteksi dari spesimen yang dikumpulkan pada 10 Januari 2022 di Limpopo, Afrika Selatan, dan sejak itu terdeteksi di semua provinsi Afrika Selatan. BA.5 juga pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, kali ini dari sampel yang dikumpulkan pada 25 Februari 2022 di KwaZulu-Natal. Bahkan sudah menyebar ke provinsi lain.

Baca juga :

Kasus Positif Covid-19 Melonjak Lagi

  1. Varian ini tampaknya tumbuh dalam prevalensi

Menurut data urutan genetik yang diunggah ke database GISAID global, serta laporan dari kantor regional dan negara WHO, jumlah negara yang melaporkan deteksi varian ini dan jumlah kasus meningkat. Di Afrika Selatan, persentase urutan yang ditunjuk BA.4 telah tumbuh dari kurang dari 1% pada Januari 2022 menjadi lebih dari 35% pada 29 April 2022. Persentase urutan yang ditunjuk BA.5 mencapai 20% pada akhir April. Pertumbuhan ini dapat menunjukkan bahwa varian ini lebih menular daripada varian Omicron yang ada, atau bisa jadi akibat berkurangnya kekebalan dari infeksi atau vaksinasi sebelumnya – terlalu dini untuk mengetahui dengan pasti.

  1. Membawa mutasi tambahan yang menjadi perhatian

Mutasi baru diharapkan terjadi saat SARS-CoV-2 berevolusi; mereka hanya penting jika mereka meningkatkan keparahan penyakit yang disebabkan virus, secara signifikan meningkatkan kemampuannya untuk mengatasi kekebalan yang diberikan oleh vaksin atau infeksi sebelumnya, atau membuat tes diagnostik kurang efektif, sehingga lebih sulit untuk mengendalikan penyebaran penyakit.

Baca juga :

Positivity Rate Covid-19 di Indonesia Rata-Rata 1.000

  1. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mutasi ini terkait dengan penyakit yang lebih parah

Sejauh ini tidak ada indikasi bahwa BA.4 atau BA.5 berhubungan dengan gejala baru atau penyakit yang lebih parah. Hal ini diharapkan, mengingat sebagian besar mutasi serupa dengan yang ditemukan pada garis keturunan Omicron lainnya, meskipun itu sesuatu yang akan terus dipantau secara ketat oleh WHO dan tim kesehatan setempat.

  1. Varian ini dapat menghindari antibodi dari infeksi Omicron sebelumnya… sampai batas tertentu

Hanya segelintir penelitian ilmiah yang telah dipublikasikan di BA.4 dan BA.5 sejauh ini, tidak satupun dari mereka yang ditinjau oleh rekan sejawat, artinya pengetahuan tentang mereka masih terbatas. Namun, dalam salah satu penelitian ini, peneliti yang dipimpin oleh Alex Sigal di Institut Penelitian Kesehatan Afrika di Durban, Afrika Selatan, menyelidiki sejauh mana antibodi dari 39 orang yang telah pulih dari varian Omicron asli dapat mencegah sel terinfeksi virus. varian BA.4 dan BA.5.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.