Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anies Sebut Janji Kampanye di Pilkada 2017 Telah Tuntas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bahwa janji kampanyenya saat Pilkada 2017 yang lalu telah tuntas satu per satu. Menurut dia, salah satu janji kampanyenya yang telah tuntas adalah program hunian, terkhusus pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

“Alhamdulillah satu-satu (janji kampanye) tuntas dan inilah (program hunian) salah satunya (yang tuntas),” sebutnya kepada awak media di Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (18/8/2022).

Baca juga :

Kesejahteraan Pendatang di Jakarta Naik, Kata Anies

Anies menyebut, janji kampanyenya saat Pilkada 2017 dituangkan ke dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Kemudian, dari RPJMD diturunkan menjadi kegiatan strategis daerah.

Politisi non-parpol itu menyatakan, kegiatan strategis daerah tersebut dimonitor dan dieksekusi oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Maka, insya Allah yang menjadi rencana bisa tereksekusi. Nah, di sinilah proses (pengerjaan janji kampanye) yang tidak terlihat. Tahu-tahu nanti sudah jadi barangnya, tahu-tahu sudah selesai,” klaimnya.

Anies menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyeriusi pengerjaan janji kampanyenya.

“Dengan begitu, harapannya apa yang sudah dijanjikan, direncanakan nanti tereksekusi,” sebut dia. Untuk diketahui, saat kampanye untuk Pilkada 2017, Anies memiliki 23 janji politik.

Salah satunya adalah membangun sumur resapan untuk menanggulangi banjir yang menahun di Jakarta. Selama masa kepemimpinan Anies, Pemprov DKI Jakarta menargetkan akan membangun sekitar 1,8 juta sumur resapan.

Akan tetapi, target tersebut belum terpenuhi. Pemprov DKI, per 2020, dilaporkan telah membangun 2.974 titik sumur resapan. Per Februari 2021, tercatat ada 3.964 titik sumur resapan yang telah dibangun. Kemudian, per November 2021, Pemprov DKI telah membangun 16.035 titik sumur resapan.

Pada Desember 2021, Pemprov DKI berencana membangun 1.150.242 sumur resapan tipe dangkal berkapasitas tampung 11.502.420 meter kubik.

Target tersebut diperkirakan bakal tercapai dalam beberapa tahun. Pemprov DKI belum meneruskan pembangunan sumur resapan di empat wilayah administrasinya, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat. Dengan demikian, target lebih dari satu juta sumur resapan itu belum tercapai hingga kini.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.