Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Cabai di Pasaran Semakin Pedas

Menjelang lebaran Idul Adha 2022, harga sayur-mayur justru terpantau terus mengalami kenaikan, terutama golongan cabai-cabaian. Tidak mau kalah dengan cabai rawit merah, cabai keriting merah kini tembus di angka Rp 100 ribu per kg.

Pada 8 Mei 2022 lalu, kenaikan harga pada cabai-cabaian, khususnya cabai rawit merah melejit hingga angka Rp 100 ribu per kg. Kini, cabai-cabaian seperti cabai keriting merah dan cabai merah besar juga ikut menyusul.

Para pedagang emosi melihat fenomena yang terjadi, seperti di Pasar Lokbin Muria Dalam. Pasalnya, bukannya harga menurun, harga-harga sayur mayur justru makin melonjak.

Salah seorang pedagang, Ari mengaku dirinya merasa kesal sekaligus pusing karena harga sayur-mayur justru malah semakin tinggi, terutama cabai merah keriting.

“Baru kali ini selama saya jualan, cabai keriting merah melonjak jauh banget sampe Rp 100 ribu per kg. Biasanya paling mahal Rp 70 ribu an,” ujar Ari.

Ari menambahkan kenaikan harga itu baru terjadi hari ini. Pun modal yang ia keluarkan untuk membeli cabai ini di pasar induk mencapai Rp 90 ribu per kg.

Tidak hanya cabai keriting merah, Ari menambahkan kalau saat ini ia menjual cabai rawit merah dengan harga Rp 110 ribu per kg nya.

Ari juga mengaku dirinya juga kesulitan saat berbelanja hingga memilih untuk mengurangi belanjaannya di pasar.

“Akhirnya sekarang belanja dikurangi. Aku juga sudah bilang ke bapak yang beli ke pasar induk, belinya dikurangi saja, duitnya nggak ada,” tuturnya.

Pedagang sayur lainnya di pasar itu, Sri, mengaku kalau kenaikan harga ini juga membuat dirinya dan para pelanggannya pusing kepala. Bahkan di tokonya, ada tiga cabai yang menyentuh harga Rp 100 ribu per kg.

“Rp 100 ribu itu rawit merah, cabai keriting sama merah besar,” ujar Sri.

Dirinya juga mengatakan kalau harga cabai ini konsisten mengalami kenaikan setiap harinya.

“Ya pembeli ngeluh, cuman ya gimana kan pada butuh juga jadi tetap dibeli. Hanya saja, biasanya beli Rp 5.000 dapat banyak, ini jadi jauh lebih sedikit,” ujar Sri.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.