Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hasil Sementara Kualifikasi Piala Asia 2023

Pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, sebanyak 24 tim dibagi ke dalam enam grup.

Nantinya, hanya ada 11 tim terdiri dari enam juara grup dan lima runner-up terbaik yang berhak lolos ke putaran final.

Setelah dua laga pertama, tidak ada wakil dari Asia Tenggara (ASEAN) yang menempati posisi teratas. Meski begitu, ada 4 tim ASEAN yang berada di peringkat kedua klasemen dan masih berpeluang merebut tiket putaran final. Keempat tim tersebut adalah Thailand (Grup C), Filipina (Grup B), Malaysia (Grup E), dan Indonesia (Grup A).

Di antara keempat tim tersebut, Timnas Thailand memiliki peluang paling besar menyusul kemenangan atas Maladewa dan Sri Lanka. Berkat dua kemenangan tersebut, Tim Gajah Perang saat ini mengumpulkan 6 poin dan selisih gol plus 5.

Pada laga terakhir melawan Uzbekistan, Thailand hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke putaran final. Bahkan dengan koleksi 6 poin, Thailand tetap berpeluang besar menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik.

Saat ini, Thailand juga berada di posisi puncak klasemen runner-up terbaik, disusul Kirgistan dan India dengan poin yang sama. Sementara itu, Filipina berada di posisi keempat dengan koleksi 4 poin hasil satu kemenangan dan satu kali imbang.

Kemenangan 1-0 atas tuan rumah Mongolia pada laga kedua membantu Filipina meningkatkan harapan lolos ke putaran final. Mereka saat ini menempati peringkat kedua di Grup B dan akan bertemu pemuncak klasemen Palestina di laga terakhir.

Di peringkat ke-5 runner-up terbaik, ada Malaysia dengan koleksi tiga poin berkat kemenangan atas Turkmenistan pada laga pertama. Adapun Timnas Indonesia berada di posisi terakhir klasemen runner-up terbaik dengan jumlah poin yang sama dengan Malaysia. Skuad besutan Shin Tae-yong itu berada di peringkat ke-6 lantaran kalah dalam selisih gol dari Tim Harimau Malaya.

Dengan begitu, Timnas Indonesia mau tidak mau harus mengalahkan Timnas Nepal di laga terakhir Grup A untuk mendapat poin maksimal 6. Di samping itu, Timnas Indonesia juga perlu berharap Filipina atau Malaysia gagal memetik kemenangan pada laga terakhir.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.