Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesejahteraan Pendatang di Jakarta Naik, Kata Anies

Anies Baswedan mengeklaim bahwa Jakarta telah memberikan kesempatan kepada setiap lapisan masyarakat untuk naik kelas dari sisi sosial ekonomi.

Kata Anies, banyak pendatang dari berbagai daerah yang mengadu nasib di Jakarta dan berhasil memperbaiki kehidupan serta ekonomi keluarganya.

Baca juga :

Anies Sebut Janji Kampanye di Pilkada 2017 Telah Tuntas

“Jakarta ini kota di mana orang datang ke kota ini membawa bekal yang minim, (kemudian) kerja keras, terbuka kesempatan, maju, berkembang, meraih kesejahteraan, meraih kemakmuran,” kata Anies saat menyampaikan pidato kebangsaan di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (17/8/2022).

Namun, lanjut Anies, kondisi tersebut tanpa disadari kerap menimbulkan pandangan negatif terhadap para pendatang di tengah masyarakat DKI Jakarta.

Baca juga :

Mahfud MD : “Kerajaan” Ferdy Sambo di Polri Ditakuti Jenderal Bintang 3

Sikap intoleran muncul dari pihak-pihak yang telah berhasil menaikkan kelas sosial dan ekonomi mereka setelah menetap di Ibu Kota. Bahkan, lanjut Anies, muncul pernyataan-pernyataan bahwa Jakarta acapkali direpotkan oleh para pendatang dari luar daerah.

“Jakarta telah memberikan kesempatan naik kelas secara sosial ekonomi. Tapi ketika sudah naik kelas, melihat pendatang yang baru, maka jangan dipandang mereka merepotkan kota kita. Jangan dipandang mereka membuat kota kita jadi terpenuhi oleh pendatang,” ungkap Anies.

“Pandangan-pandangan seperti ini tanpa disadari muncul. Padahal dulu kita juga pendatang di kota ini. Bahkan kalau sudah habis Lebaran dulu suka ada operasi justitia. Dan ini dianggap sesuatu hal yang normal seolah-olah kita bukan pendatang di kota ini,” ucap Anies.

Menurut Anies, sudah saatnya semua pihak berkolaborasi untuk mengubah persepsi tersebut dan menghadirkan sudut pandang baru bahwa Jakarta adalah kota untuk semua warga.

“Sekarang sudah saatnya kita membawa perspektif Jakarta adalah untuk semua. Izinkan Jakarta jadi eskalator bagi seluruh orang yang menginginkan kehidupan lebih baik,” kata Anies.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.