Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PLN : Masyarakat Yang Keberatan Bisa Ajukan Penurunan Daya

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo menambahkan, pelanggan yang merasa keberatan dengan kenaikan tarif listrik per 1 Juli 2022 bisa mengajukan penurunan daya listrik.

“Pindah daya silahkan karena ini hak asasi dari masing-masing pelanggan kami,” ujarnya dilansir dari Antara (13/6/22).

Baca juga :

Update Tarif Listrik Baru Per 1 Juli 2022

Penurunan daya dapat dilakukan dengan menyesuaikan konsumsi listrik harian agar tidak mengalami kendala teknis seperti sekring rumah yang sering turun akibat pengonsumsian yang lebih besar ketimbang daya listrik.

Bagi pelanggan yang hendak mengajukan proses penurunan daya listrik, dapat mengajukan permohonan terlebih dahulu ke Kantor PLN terdekat. Pasalnya, turun daya hanya dapat dilakukan oleh petugas PLN.

Baca juga :

Pemerintah Naikkan Tarif Listrik Mulai 1 Juli

Ada beberapa data yang harus dilengkapi oleh pelanggan ketika ingin mengajukan permohonan penurunan daya. Berikut dokumen tersebut:

  • Nomor ID pelanggan/rekening;
  • Detail alamat lengkap;
  • Nomor telepon yang bisa dihubungi;
  • Nomor identitas KTP;
  • Surat kuasa bagi pemohon yang mengajukan/bermohon atas nama orang lain.

Pelanggan bisa melakukan permohonan penurunan daya ke tarif rumah tangga daya 450-900 VA. Kendati demikian, PLN akan melakukan verifikasi terlebih dahulu apakah Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelanggan terdaftar sebagai penerima subsidi sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau tidak.

Sementara itu, Vice President Komunikasi Korporat PLN Gregorius Adi Trianto menyebut bahwa proses penurunan daya ini juga kemungkinan harus mengeluarkan biaya. Hal ini disebabkan oleh hasil survei sesuai kebutuhan material dan jasa di daya yang diinginkan pelanggan.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.