Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamu Harus Tahu, Fitur Keunggulan dari Aplikasi WhatsApp

WhatsApp atau WhatsApp Messenger yang kerap disingkat WA didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton yang merupakan eks karyawan Yahoo. Setelah berdiri sejak 2009, WhatsApp kemudian diakuisisi Facebook pada 2014 dan bergabung dalam Meta Group milik Mark Zuckerberg.

Baca juga :

Chat WhatsApp Kini Bisa Ditransfer dari Android ke iOS atau Sebaliknya

Kemajuan pesat WhatsApp terbukti dengan lebih dari 2 miliar orang di lebih dari 180 negara yang telah menggunakan aplikasi ini untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga.

WhatsApp dipilih karena beberapa keunggulan yang dimiliki sebagai berikut:

Baca juga :

Trik : Cara Menghindar Diundang ke Grup WhatsApp Baru

  1. Sederhana

WhatsApp hadir dengan tampilan yang sederhana seperti aplikasi pesan pada umumnya. Meski begitu, banyak fitur yang diberikan aplikasi ini untuk menunjang kebutuhan para penggunanya. Hal yang paling penting, WhatsApp bisa digunakan secara gratis untuk mengirim pesan ke teman dan keluarga Anda asalkan terkoneksi internet.

  1. Bisa Kirim Berbagai Media

Ada banyak pilihan media yang bisa Anda bagikan ke teman atau keluarga melalui WhatsApp, seperti foto dan video, pesan suara, hingga berbagai dokumen untuk kebutuhan sekolah atau pekerjaan.

Khusus untuk dokumen, Anda jadi tidak perlu repot menggunakan email atau aplikasi berbagi file lain untuk mengirim PDF, spreadsheet, slideshow, dan dokumen lainnya. Dokumen bisa dikirim hingga 100 MB kepada orang yang Anda tuju.

  1. Keamanan

Anda menggunakan WhatsApp pastinya untuk membagikan momen-momen penting dengan teman atau keluarga, termasuk beberapa hal yang sifatnya rahasia. Meski begitu, jangan khawatir karena WhatsApp telah menjamin keamanan data pengguna.

Enkripsi end-to-end tersemat dalam aplikasi WhatsApp. Ketika aktivitas di WhatsApp terenkripsi secara end-to-end, pesan pribadi dan panggilan Anda diklaim aman. Jadi, tidak seorang pun di luar chat Anda, termasuk WhatsApp, yang dapat membaca atau mendengarkannya.

  1. Grup

Selain mengirim pesan secara pribadi ke nomor tertentu, Anda bisa juga terhubung sekaligus dengan banyak orang melalui fitur grup yang disediakan oleh WhatsApp. Grup bisa dibuat dan diisi dengan anggota keluarga, teman sekolah, atau rekan kerja.

Dengan chat grup, Anda bisa berbagi pesan, foto, dan video dengan 256 orang sekaligus. Selain itu, Anda bisa memberi nama, membisukan, atau menyesuaikan notifikasi grup, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan sesuai kebutuhan.

  1. Video Call

Jika SMS hanya bisa mengirim pesan teks dan panggilan telepon hanya bisa mendengarkan suara, WhatsApp menjadi paket lengkap dan bahkan bisa memberikan pengalaman melakukan video call secara mudah.

Video call membuat Anda bisa melakukan pembicaraan tatap muka ketika suara atau teks saja tidak cukup. Panggilan suara dan video WhatsApp menggunakan koneksi internet telepon, bukan pulsa. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya panggilan yang mahal.

  1. WhatsApp Web

Terakhir, Anda juga bisa mendapatkan kemudahan mengakses WhatsApp di perangkat selain smartphone dengan adanya fitur WhatsApp Web. Jadi, Anda bisa membuka aplikasi pesan ini di desktop, seperti laptop dan komputer.

Caranya tinggal download aplikasi WA desktop atau akses di web.whatsapp.com melalui browser Anda. Jangan khawatir, karena seluruh pesan Anda bakal disinkronisasi dan muncul dengan sempurna di WhatsApp Web.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.