Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Harus Setop Isi Baterai iPhone Hingga 100%? Ini Penjelasannya!

Mitos bahwa tidak boleh mengisi baterai iPhone hingga 100 persen sudah banyak beredar di kalangan pengguna smartphone buatan Apple ini.

Alasan umum harus setop isi baterai iPhone hingga 100 persen adalah untuk mencegah agar kandungan kimia baterai tidak bocor.

Baca juga :

Tips Agar Baterai Smartphone Tahan Lama

Lantas, apa kata Apple soal asumsi harus setop isi baterai iPhone hingga 100 persen?

Apple memang tak memberikan batasan khusus soal kapan baterai iPhone harus dicas. Namun, Apple memberikan beberapa peringatan kepada pengguna iPhone soal persoalan isi baterai ini.

Bahkan, Apple sampai menghadirkan fitur Pengisian Daya Optimal yang bisa mencegah penurunan masa pakai baterai secara cepat sejak diluncurkannya iOS 13.

Baca juga :

Cara Isi Baterai iPhone Yang Benar Supaya Awet

Fitur Pengisian Daya Optimal yang dihadirkan Apple berfungsi untuk mengatur waktu pengisian daya agar disesuaikan dengan kebiasaan pengguna. Ketika fitur ini aktif, pengisian daya bisa ditunda pada angka 80 persen dalam situasi tertentu.

Sebagai contoh, pengisian daya iPhone bakal ditunda di angka 80 persen ketika dicas dalam keadaan ditinggal tidur semalaman.

Nantinya, baterai iPhone bakal perlahan terisi hingga 100 persen saat bangun tidur atau di sekitar waktu Anda biasa menggunakan iPhone.

Baca juga :

Cara Mengisi Baterai iPhone Dalam Keadaan Mati

Kenapa Harus Setop Isi Baterai iPhone Hingga 100%?

Hadirnya Fitur Pengisian Daya Optimal sebenarnya menjelaskan bahwa baterai iPhone sebenarnya bisa saja diisi hingga 100 persen. Namun, normalnya sistem akan menunda pengisian baterai hingga angka 80 persen saja untuk mengoptimalkan umur baterai iPhone Anda.

Apple menjelaskan bahwa setidaknya ada dua kondisi khusus untuk setop isi baterai iPhone hingga 100 persen.

Jadi, Anda perlu memperhatikan situasi ini agar iPhone tidak mati total. Berikut penjelasannya:

  1. Suhu Ekstrem

iPhone dirancang untuk beroperasi dengan baik dalam kisaran suhu 16° hingga 22° celcius sebagai zona nyaman ideal. Jadi, sangat penting untuk menghindari perangkat dari paparan suhu ekstrem melebihi 35° C karena dapat merusak kapasitas baterai secara permanen.

Anda sebaiknya tidak menggunakan iPhone untuk menjalankan aplikasi berat, seperti bermain game jika ingin mengisi daya baterai hingga 100 persen. Bermain game saat dicas bakal meningkatkan suhu iPhone secara drastis.

Biasanya, sistem bakal otomatis menghentikan pengisian daya di angka 80 persen saat temperatur baterai melampaui batas yang direkomendasikan. Selain itu, menyimpan baterai di lingkungan panas juga bisa merusaknya secara permanen.

  1. Jika Ingin Menyimpan iPhone dalam Waktu Lama

Selanjutnya, setop isi baterai iPhone hingga 100 persen jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu lama. Jika Anda berencana tidak akan menggunakan iPhone dalam waktu lama, Apple menyarankan agar daya baterai diisi hingga 50 persen saja.

Jika Anda menyimpan iPhone dalam waktu lama dengan kondisi baterai penuh 100 persen, baterai akan kehilangan sebagian kapasitasnya. Ini bakal berujung pada kekuatan baterai yang lebih pendek.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.