Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Apa Itu Content Marketing

Para pakar digital marketing sepakat bahwa, content marketing adalah jantung dari cara meningkatkan penjualan online paling vital saat ini. Bahkan, di balik setiap bisnis online besar, konten berkualitas dan relevan benar-benar mampu menghubungkan audien dan pelaku bisnis.

Content marketing adalah teknik pemasaran dengan cara membuat dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan memeroleh audience tertarget – dengan tujuan mendorong tindakan pelanggan untuk keuntungan bisnis.

Baca juga :

Pelajari Algoritma Untuk Meningkatkan Penjualan di Media Sosial

Content marketing berfokus pada informasi berharga dan edukasi yang benar-benar bermanfaat. Itulah yang membedakan antara strategi ini dengan segala jenis bentuk periklanan atau pemasaran lain.

Secara garis besar, konten marketing adalah jenis konten yang paling dicari oleh pengguna. Mereka benar-benar membutuhkannya. Berbeda dari iklan yang cenderung dihindari.

Melalui strategi konten marketing yang baik, Anda dapat berbagi informasi yang bermanfaat sekaligus melakukan edukasi. Termasuk tentang kenapa produk atau layanan Anda layak dibeli.

Kekuatan Content Marketing

Alasan kenapa Anda harus menggunakan content marketing dalam meningkatkan penjualan online? Jawabannya, karena transaksi bisnis selalu melalui empat siklus berikut:

  1. Awareness

Di luaran sana ada begitu banyak calon pelanggan yang tidak sadar bahwa apa yang Anda jual, adalah penting bagi mereka. Calon pelanggan mungkin memiliki kebutuhan, tetapi mereka tidak menyadari Anda adalah solusinya. Jadi tahapan awal pembelian dimulai dari kesadaran.

  1. Penelitian

Begitu pelanggan menyadari ada solusi, mereka akan melakukan penelitian untuk menambah wawasan mereka. Misalnya, seorang yang berencana membeli sepeda motor akan mencoba mencari tahu jenis apa saja yang ada, dan mana yang cocok untuk mereka.

Baca juga :

Link Download Dan Fitur GB WhatsApp iOS V7.0 Apk

  1. Pertimbangan

Pada titik ini, calon pelanggan mulai membandingkan antara satu produk dengan produk yang lainnya. Mereka berupaya untuk memastikan mendapatkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang pantas.

  1. Membeli

Terakhir, pelanggan mengambil sebuah keputusan. Dan itu dalam bentuk pembelian atau transaksi bisnis.

Sekarang, terlihat jelas bahwa content marketing dapat masuk dalam 4 siklus transaksi bisnis secara umum.

Strategi bisnis melalui periklanan dan cara-cara konvensional lain, sangat bagus dalam 2 tahapan di point kedua dan empat.

Sementara content marketing dapat masuk dan memanfaatkan sejak dua tahap pertama dalam proses pembelian. Yakni proses meningkatkan kesadaran akan solusi dan mengedukasi mereka tentang produk yang mungkin tidak terpikirkan oleh mereka sebelumnya.

Demikian cara meningkatkan penjualan online untuk pemula. Dasar-dasar ini, tentu dapat Anda kembangkan melalui ide dan gagasan menyesuaikan dengan bidang industri yang digeluti. Hal lain yang mungkin perlu dilakukan adalah mulai melangkah ke strategi Search Engine Optimization (SEO).

SEO adalah tentang strategi mendorong website agar mendapat peringkat dari mesin pencari. Sangat berguna untuk meningkatkan kunjungan secara organik. Content marketing yang hebat dan diimbangi dengan peringkat bagus di mesin pencari jelas akan berdampak besar terhadap penjualan online.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.