Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelajari Algoritma Untuk Meningkatkan Penjualan di Media Sosial

Pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) terpaksa beralih ke penjualan digital di masa pandemic agar penjualan mereka tetap laku. Saat angka kasus harian COVID-19 meninggi, penjualan secara luring di toko atau gerai tak lagi bisa diandalkan lantaran tak ada pembeli. Para pembeli enggan keluar rumah karena takut menjadi bagian mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga :

Mengenal Apa Itu Content Marketing

Berdasar hasil survei Sea Insights, dilaporkan sebanyak 54 persen responden pelaku UMKM mulai beralih berjualan secara daring mengandalkan media sosial sebagai medium promosi dan penjualan.

Namun sayangnya tidak semua pelaku UMKM telah memanfaatkan media sosial dengan baik dan memperoleh hasil signifikan. Ada Teknik maupun strategi yang perlu didalami oleh pelaku UMKM agar penjualan mereka melalui media sosial diminati oleh massa, yaitu algoritma.

Istilah algoritma mungkin tidak asing bagi para pelaku pembuat konten. Namun, tidak sedikit dari mereka keliru mengartikan algoritma media sosial.

Algoritma sama seperti pola. Ada natural, ada pula ditetapkan, dan kita harus memahami pola-polanya,” jelas Rulli Nasrullah.

Cara sederhana menjual produk UMKM di media sosial adalah dengan memahami media sosial sebagai medium penjualan dan promosi terlebih dahulu. Lalu memahami perilaku warganet hingga memahami produk yang akan dipasarkan.

Pendekatannya adalah penjual harus tahu value yang ia miliki apa saja dan jasa apa yang ia tawarkan.

Perkembangan aktivitas niaga dari sektor UMKM di media sosial begitu bervariasi. Mulai dari komoditasnya hingga platform media sosialnya pun beragam. Namun, nyatanya ada beberapa kekurangan acap dijumpai dari maraknya aktivitas penjualan digital.

Kunci agar pemasaran produk UMKM di ranah digital bisa berdampak luas adalah konsisten. Sering dijumpai akun UMKM hanya menampilkan dagangan atau jasanya tanpa mengikuti perkembangan tren sehingga berdampak pada performa akun.

Agar bisnisnya bisa teroptimalisasi melalui penjualan media sosial, pelaku UMKM jangan hanya terpaku pada konten promosi namun melupakan momen sedang berkembang di media sosial.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.