Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Baterai Smartphone Tahan Lama

Baterai ponsel pintar memiliki masalah setelah digunakan dalam beberapa waktu karena masa pakai baterai yang tidak tahan lama.

Sebagian besar baterai pada smartphone akan kehilangan keefektifannya seiring waktu. Namun sebenarnya ada cara untuk tetap membuat baterai tahan lama dan tetap prima.

Baca juga :

Kenapa Harus Setop Isi Baterai iPhone Hingga 100%? Ini Penjelasannya!

Berikut 5 tips menjaga baterai smartphone Anda lebih awet, dikutip dari the Daily Star, Jumat (22/7/2022):

  1. Kurangi Kecerahan Layar

Banyak smartphone saat ini tampil dengan canggih dengan kecerahan yang signifikan. Padahal hal ini cenderun memberi banyak tekanan pada baterai.

Dengan mengurangi kecerahan layar HP maka membuat baterainya bertahan lebih lama. Selain itu beralih ke Dark Mode, atau mengubah latar belakang layar dari putih ke hitam juga bisa membuat awet baterai dan mengurangi kecerahan pada mata Anda.

Baca juga :

Cara Isi Baterai iPhone Yang Benar Supaya Awet

  1. Matikan Notifikasi Getar

Mematikan fungsi getar saat ada notifikasi juga bisa meningkatkan masa pakai baterai. Hanya gunakan fitur ini saat diperlukan saja.

Smartphone akan kehilangan keefektifannya semakin sering digunakan. Notifikasi getar juga ikut berkontribusi pada proses tersebut.

Baca juga :

Cara Mengisi Baterai iPhone Dalam Keadaan Mati

  1. Jangan Isi Baterai Semalaman atau Hingga 100%

Jika Anda punya kebiasaan meninggalkan HP dalam keadaan di-charge semalaman atau mencapai 100%, sebaiknya segera tinggalkan. Sebab kebiasaan tersebut dapat memperpendek masa pakai baterai.

Penyebabnya setelah ponsel terisi penuh maka akan terus mengisi daya untuk menjaga baterainya tetap 100%. Pengisian tambahan itu membuat baterai terus menerus dan meluruhkan baterai Lithium-ion, menyebabkan aus. Panas juga akan menumpuk karena pengecasan yang dilakukan dalam waktu lama.

  1. Manfaatkan Mode Penghemat Baterai

Smartphone masa kini sudah dilengkapi dengan mode penghemat baterai bawaan. Yakni diaktifkan secara manual namun juga bisa secara otomatis saat baterai tersisa di bawah 20%.

Mode ini dapat membantu mengurangi konsumsi daya dengan menutup aplikasi yang menguras baterai. Termasuk aplikasi yang tetap menyala di latar belakang yang kemungkinan menghabiskan masa pakai baterai.

Pada sebagian besar smartphone, mode penghemat baterai akan mematikan notifikasi tertentu dan mengurangi kecerahan pada layar.

  1. Hindari Suhu Berlebihan

Masa pakai baterai akan lebih lama jika Anda bisa mengontrol suhu pada ponsel. Suhu tinggi akan memberikan tekanan pada baterai dan berisiko merusak bagian internal HP.

Caranya dengan tidak mengisi daya dalam waktu lama khususnya saat sudah terisi penuh. Selain juga tidak mencolokkannya pada dasbor di hari yang panas.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.