Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sederhana Agar Lulus Tes CPNS 2022

Melihat beberapa keluhan dari pengalaman para peserta Seleksi CPNS tahun-tahun sebelumnya, banyak sekali peserta tes SKD yang tidak Lulus SKD karena tidak memenuhi Passing Grade, baik itu TIU, TWK dan TKP. Tingkat kesulitan soal yang cukup tinggi terutama pada materi TKP, sehingga banyak peserta yang gugur dalam TKP.

Baca juga :

Biar Lulus SKD Tes CPNS Bagaimana? Ini Tipsnya!

Maka, dalam mempersiapkan diri ikut tes dan lulus CPNS, salah satu Tips Lulus CPNS adalah harus perbanyak Latihan Soal CPNS 2021, misalnya bisa mengikuti simulasi cat online dan tryout yang diselenggarakan secara online.

Berikut tips singkat dan sederhana supaya Lulus CPNS, Lulus SKD dan SKB CPNS;

Baca juga :

Trik Mencapai Passing Grade Tes SKD CPNS 2022

  1. Atur jadwal belajar teratur dan fokus pada materi

Cara belajar yang efektif adalah buat jadwal dan fokus pada materi yang sesuai dengan telah dijadwalkan tersebut. Adapun materi-materi untuk bahan TKD (Tes Kompetensi Dasar) bisa Anda lihat di sini.

Baca juga :

Penerimaan Guru PPPK di Kemendikbudristek

  1. Jangan belajar sehari sebelum hari ujian

Sisihkan waktu untuk belajar setiap hari atau mingguan meski sebentar. Usahakan setiap hari ada materi yang dibaca dan dipelajari sehingga perkembangan materi dapat dicapai meski sedikit demi sedikit. Karena bila belajar kebut semalam akan mengurangi konsentrasi saat memasuki ruang ujian. Persiapkan data dan semua peralatan tes seperti kartu ujian, KTP, atau apa saja yang harus dibawa saat ujian.

  1. Jangan datang terlambat

Jika kita belum begitu hapal lokasi tes, akan lebih baik bila Anda survei lokasi tes sehari sebelum tes.Setelah masuk ruangan, terlebih dahulu akan dilakukan verifikasi data, latihan pre-test CAT, dan penyampaian petunjuk teknis ujian.Ikuti betul-betul petunjuk teknis yang disampaikan pengawas ujian.Tanyakan hal-hal yang menurut Anda belum pahami kepada pengawas saat diberi kesempatan bertanya.

  1. Berdoa kepada tuhan

Berdoalah sebelum memulai menjawab soal ujian. Semoga diberi kelancaran dan kemudahan dalam mengerjakan berbagai macam bentuk soal ujian CPNS. Jangan nervous, usahakan untuk selalu tetap tenang.

  1. Fokus pada ujian dan percaya diri

Fokus dan percaya diri penting karena kamu akan merasa optimis dan berpikir tanpa emosi sehingga dalam menjawab atau menebak jawaban tidak asal menebak dan penuh perhitungan. Fokuskan pikiran kita pada soal yang sedang kita hadapi.

  1. Jangan terpengaruh dengan peserta lain

Terkadang ada peserta lain yang sudah menyelesaikan jawabannya lebih cepat, tapi belum tentu mereka juga benar semua. Teliti kembali sebelum meninggalkan kursi Anda, karena ketelitian juga merupakan faktor penting dalam mengerjakan CAT CPNS.

  1. Isi semua jawaban, jangan ada yang kosong

Saat menjawab soal, jangan tinggalkan komputer tanpa jawaban. Jangan sampai ada soal yang tidak dijawab. Karena dalam CAT tidak ada pengurangan nilai jika salah menjawab. Untuk TIU dan TWK benar bernilai 5 dan salah 0. Adapun TKP nilai berkisar dari 1-5, artinya asal jawab pun minimal kita masih bisa mendapatkan skor 1 untuk kelompok soal TKP.

  1. Kerjakan soal yang mudah dahulu

Waktu yang disediakan untuk ujian CPNS adalah 90 menit untuk mengerjakan 100 soal Tes Kemampuan Dasar yang terdiri dari 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan dan 30 soal Tes Inteligensia Umum, serta 35 soal Tes Karakteristik Pribadi. Pertama kerjakan soal yang paling mudah dulu. Sekiranya menemui soal yang terlihat sukar maka lewati dulu sementara.

  1. Kerjakanlah soal TKP terlebih dahulu

Kerjakan soal TKP terlebih dahulu karena soalnya bertanya tentang respon kamu. Jadi jawabannya ada di dalam diri kamu.

  1. Kembangkan strategi menjawab soal

Intinya kamu harus bisa menyederhanakan persoalan dengan cepat, lalu menghitungnya dengan cepat pula. Saat menjawab soal TKP, berpikirlah kamu adalah pemerintah yang sedang mencari abdi negara. Orang seperti apa yang ingin kamu cari jika kamu adalah Pemerintah? Maka itulah jawaban terbaiknya. Fokuskan untuk jawaban yang baik, positif, namun tetap konsisten.

  1. Bertawakkal Pada Tuhan

Semua usaha sudah kamu lakukan, maka tinggal berpasrahlah pada Yang Maha Kuasa.

Tetaplah bersikap jujur, jangan curang. Dan yakinlah bahwa apapun hasilnya itu adalah yang terbaik buat kamu.

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.