Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Planet Sejajar di Langit Pertama Kalinya Setelah 18 Tahun

Untuk pertama kalinya dalam 18 tahun, lima planet akan sejajar di langit tenggara, di sepanjang cakrawala, dekat dengan matahari terbit.

Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus semuanya akan terlihat pada dini hari sebelum matahari terbit, jika cuaca memungkinkan, hingga akhir Juni.

Waktu terbaik untuk melihat keselarasan ini adalah 30 hingga 60 menit sebelum matahari terbit.

Baca juga :

5 Planet Sejajar, Apa Yang Akan Terjadi?

Anda dapat melihat tontonan ini dengan mata telanjang tanpa peralatan khusus, meskipun teropong atau bahkan teleskop selalu berguna, terutama untuk memilih Merkurius, yang terkadang agak sulit dikenali. Untuk kondisi pemandangan terbaik, pilih tempat dengan pemandangan yang jelas — tidak ada bangunan atau pohon — di ufuk timur dan tenggara dan di area dengan polusi cahaya buatan sesedikit mungkin.

Pada hari Jumat, 24 Juni, pemandangan tersebut diharapkan menjadi sangat istimewa karena pemirsa juga dapat melihat bulan sabit yang memudar antara Venus dan Mars.

Kondisi langit di North Dakota seharusnya menguntungkan untuk dilihat pada Kamis pagi, dan kemudian beberapa awan mungkin menghalangi kesempatan menonton pada Jumat pagi.

Baca juga :

Fenomena 5 Planet Sejajar, Cek Tanggalnya!

Dua atau tiga planet yang terbentang di langit cukup umum, tetapi menyelaraskan lima planet jarang terjadi.

Yang membuat peristiwa ini semakin unik adalah planet-planet terlihat dalam urutan alaminya dari matahari.

Ini belum pernah terjadi sejak Desember 2004 dan planet-planet tidak akan muncul dalam urutan ini lagi sampai tahun 2040!

Leave a comment

Sign Up to Our Newsletter

Be the first to know the latest updates

Whoops, you're not connected to Mailchimp. You need to enter a valid Mailchimp API key.